Jumat, 06 Juni 2014

Islam Jadi Agama Terbesar Kedua di 20 Negara Bagian AS


Pertumbuhan kuantitatif jumlah muslim di Amerika terus menunjukkan grafik naik, semoga hal ini diimbangi dengan kenaikan tingkat kualitas. Tulisan di bawah ini menunjukkan hal demikian.
Pertumbuhan penduduk muslim ini disebabkan imigrasi, terutama pengungsi dari Somalia, Irak, Afghanistan dan Bosnia.
Dream - Sensus terbaru Amerika Serikat menyebutkan Islam adalah agama terbesar di 20 negara bagian, setelah Kristen. Data terbaru ini dirilis Asosiasi Statistik dari Badan Keagamaan Amerika, yang melakukan sensus agama setiap 10 tahun sekali.

        Menurut Washington Post, Islam datang ke Amerika dan berhasil menjadi agama terbesar kedua di 20 negara, terutama di utara bagian tengah dan bagian selatan Amerika. Di sisi lain, Yahudi memiliki pengikut paling besar di 15 negara bagian, terutama di timur laut. Sementara Hindu di tempat kedua, terutama di Arizona dan Delaware. Sensus ini juga menemukan Kristiani masih menjadi agama terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari tiga perempat penduduk Amerika menganut agama Kristen. Lebih dari setengahnya adalah Protestan, sekitar 23 persen adalah Katolik dan sekitar 2 persen Mormon. Kristen Katolik mendominasi negara-negara bagian yang terletak di timur laut dan barat daya.
      Pada sensus sebelumnya yang diterbitkan oleh ASARB menunjukkan secara nasional, penganut Islam tumbuh sebesar 1 juta pada 2000 dan 2010, diikuti oleh Mormonisme. Islam tumbuh sebesar 67 persen, sedangkan Mormonisme tumbuh sebesar 46 persen. Pertumbuhan penduduk muslim ini disebabkan imigrasi, terutama pengungsi dari Somalia, Irak, Afghanistan dan Bosnia. Hal itu ditambah dengan meningkatnya jumlah kelahiran dan mualaf. Meskipun tidak ada pernyataan resmi, AS merupakan rumah bagi 7-8 juta muslim. Menurut sebuah studi 2011 yang dilakukan Pew Forum tentang Agama dan Kehidupan Publik, sekitar 20 persen orang AS menjadi mualaf yang terdiri dari 54 persen adalah laki-laki dan 46 persen adalah perempuan.

Sumber: http://www.dream.co.id/jejak/islam-jadi-agama-terbesar-kedua-di-20-negara-bagian-as-1406067.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar