Sabtu, 07 Desember 2013

Turki Berencana Fungsikan Hagia Sophia Sebagai Masjid


Mueseum Hagia Sophia di Turki
Mueseum Hagia Sophia di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pemerintah Turki berencana memfungsikan kembali Hagia Sophia sebagai masjid. Hal itu dibenarkan Wakil Perdana Menteri Turki, Bulent Arinc.

"Saat ini, kami sangat dekat dengan masjid Aya Sofia. Meski Anda tidak mendengar, saya percaya hati Anda berada di dalam," kata dia, seperti dilansir today zaman, Ahad (17/11).

Arinc yang menghadiri acara pembukaan museum karpet mengatakan masjid Aya Sofia seolah memberitahukan sesuatu akan hal yang perlu dilakukan. Pertanyaannya, apa yang ingin disampaikan.

Hagia Sophia, sebelum penaklukan Ustmani merupakan Gereja Ortodoks di Rowawi Timur. Ketika Ustmani menaklukan Konstantinopel, Sultan Mehmet I mengubahnya menjadi masjid tanpa mengubah apapun di dalamnya.

Memasuki era Republik, pemerintah Turki menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid. Sekian dekade, muncul kembali wacana untuk mengembalikan fungsi Hagia Sophia semasa penaklukan Ustmani.

"Mari kita dengarkan apa yang ingin disampaikan. Terima kasih Allah SWT, selama hidup saya, saya berharap bisa menyaksikan dua hal baik, yakni pertama masjid yang bernama Masjid Aya Sofia kembali dibuka. Kedua, Turki adalah negara hukum, dahulu Aya Sofia adalah masjid. Bangunan ini tidak bisa digunakan selain ibadah," kata dia.

Arinc mengungkap meskipun tidak ada hukum yang menyatakan bahwa masjid bisa berubah ke museum , beberapa pihak mengatakan itu harus menjadi sebuah museum. Namun, pemerintah memiliki tanggung jawab kepada hukum dan menurut hukum ini, masjid tidak dapat digunakan untuk keperluan lain.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/13/11/17/mwez40-turki-berencana-fungsikan-hagia-sophia-sebagai-masjid
Minggu, 17 November 2013, 23:10 WIB 






Redaktur : Agung Sasongko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar